Categories
Kesehatan

Kenapa Perempuan Lebih Lambat Langsingnya Daripada Laki-laki?

Jawabannya sederhana: karena basal/resting metabolic rate nya lebih rendah dari laki-laki. Ini penelitiannya.

Resting metabolic rate adalah jumlah kalori dasar yang “dihabiskan” oleh tubuh kita saat diam saja; termasuk di dalamnya ketika kita tidur.

Pria rata-rata sekitar 1600 kkal per hari, sedangkan wanita sekitar 1200 kkal. Berikut ini contoh BMR saya (laki-laki, 33 tahun).

Sedangkan ini BMR istri saya (32 tahun).

Kenapa kok gitu ya?

Filosofinya, perempuan secara evolusi memiliki peran lebih tinggi dari pria. Tugasnya menjaga keturunan, memastikan kelangsungan spesiesnya. Karena tugas “menjaga” inilah maka perempuan memiliki kemampuan survival lebih tinggi. BMR rendah artinya memiliki tubuh yang efisien. Bisa survive dalam jangka waktu panjang tanpa makanan.

Bandingkan dengan pria. Tubuhnya lebih “boros”. Dalam kondisi kelaparan yang panjang, tubuh pria lebih konsumtif terhadap energi yang menyebabkannya lebih cepat musnah.

Perenungan

Dulu, defaultnya manusia adalah tidak ada makanan. Setiap mau makan, harus bergerak. Aktif.

Hari ini, kita menghadapi tantangan yang berbeda.

Makanan berlimpah dimana-mana. Kebanyakan manusia musnah karena over-eating. Sementara tubuh manusia belum berevolusi secepat revolusi pangan dunia. Manusia mengenal bercocok tanam, makan-makanan berbasis pati, kurang dari 1000 tahun. Sementara homo sapiens sudah ada sejak puluhan ribu tahun lalu. Tubuh kita belum siap dengan kondisi makanan yang ada sekarang. Kreatifitas manusia jauh lebih cepat dari kemampuan tubuhnya beradaptasi.

Oleh sebab itu, mengerem keinginan makan akan lebih cocok untuk tubuh kita. Kita hidup dengan tubuh masa lalu, namun dengan tantangan masa depan.

Mereka yang berpuasa, akan memiliki kemampuan survive lebih besar di hari ini.